Selasa, 20 Januari 2009

Mengolah gambar digital sesuai dengan kebutuhan

Koleksi gambar digital yang anda miliki mestinya dikelola dan diolah se efektif mungkin sesuai dengan kebutuhan anda. Misalkan anda membutuhkan sebuaah foto untuk iklan sebuah produk yang objek utama(produk yang akan diiklankan)nya terlihat tajam dan jelas, sedangkan backroundnya terlihat blur atau buram. Atau anda membutuhkan foto yang terkesan tua dengan pewarnaan bernuansa kuning ke coklat-coklatan (sepia) agar konsep foto artistiknya terasa.
Untuk melakukan hal-hal seperti di atas, kita perlu mengolah berbagai gambar digital tersebut sesuai dengan hasil yang kita inginkan. Cara pengolahannya bisa dengan berbagai software pengolahan digital dari yang berbayar seperti adobe photoshop, phaintshop pro, corel photopaint, atau ACD See. Tetapi bisa juga menggunakan software gratisan seperti The gimp, Photo filter, picasa, Irfan view, dan Microsoft paint.net.
Gambar digital dapat diolah sesuai dengan kebutuhan, tergantung untuk apa gambar tersebut diproses atau diedit. Berikut beberapa kategori tujuan kebutuhan pengolahan gambar:
1. Anda seorang fotogafer professional? Maka anda membutuhkan gambar digital yang memiliki resolusi dan berkualitas tinggi, tanpa noise, aperture yang pas, serta setelan iso yang pas pula. Untuk kebutuhan profesi ini gambar lebih baik disimpan dalam format yang berkualitas tinggi juga seperti BMP(format yang menggunakan pixel yang berkualitas tinggi) dan RAW(format gambar yang berukuran asli dan belum dikompres sama sekali). Disini proses pengolahan tidak terlalu dipermasalahkan, karena originalitas pada hasil jepretan gambar sangat diprioritaskan.
2. Anda ingin mempublikasikan gambar ke Website atau ke Internet? Sebaiknya anda menggunakan format file JPG atau GIF, karena kebanyakan browser dapat menampilkan kedua gambar tersebut dengan baik. Kualitas resolusi gambar yang tinggi tidak selamanya dapat tampil di Internet dengan cemerlang. Pada umumnya tampilan layar internet hanya mampu menampilkan resolusi gambar sebesar 1024x768 pixel, bahkan pada jenis-jenis tertentu hanya bisa menampilkan gambar berresolusi 750 pixel. Pengompresan gambar sangat direkomendasikan untuk kepentingan ini untuk mempercepat penguploadan, namun jangan terlalu tinggi karena dapat menurunkan kualitas gambar secara signifikan.
3. Anda ingin menjadikan gambar tersebut untuk media promosi iklan? Sebaiknya utamakan kejelasan gambar pada objek utama atau objek yang ingin anda promosikan. Cara pemfokusan gambarnya bisa dengan memfokuskan cahaya pada objek tersebut atau membuat objek tersebut jelas, sedangkan bacroundnya buram. Bisa juga dengan membuat hanya objeknya saja yang berwarna, sedangkan backroundnya hitam putih.
4. Anda ingin menjadikan gambar tersebut sebagai Desktop backround/wallpaper computer? Sebaiknya gunakan gambar yang memiliki kualitas gambar dan resolusi yang tinggi agar dapat ditampilkan dengan baik di desktop. Umumnya gambar akan tampil baik di desktop dengan ukuran resolusi 1024x768 pixel. Namun pertimbangkan juga setting resolusi monitor anda, sebaiknya samakan perbandingan resolusi antara gambar yang akan anda jadikan wallpaper dengan setting monitor computer tersebut.
5. Anda ingin menampilkan gambar di Handphone? Anda tidak perlu mempertimbangkan besarnya ukuran resolusi gambar. Cukup samakan resolusi gambar dengan resolusi monitor Handphone tersebut. Sebaiknya anda menggunakan format JPG agar ukuran gambarnya tidak terlalu memakan memory dalam Handphone tersebut.
6. Anda ingin menyisipkan gambar tersebut sebagai clipart di presentasi atau di artikel anda? Sangat direkomendasikan andda menggunakan format gambar vector, karena format ini terdiri dari path-path yang berbasis shape yang sangat fleksibel, jadi detil gambar tidak akan hilang walau diperbesar dan diperkecil seberapapun. Format gambar PNG juga sangat direkomendasikan karena kemampuan Interlaced yang memebuat pinggiran gambar menjadi halus, serta format ini memiliki backround yang bisa di transparankan dan bisa ditambah bayangan. Sedangkan untuk gambar yang hidup secara sederhana, gunakan format Animated GIF.
7. Pencetakan gambar untuk keperluan lainnya. Gamabr digital yang diolah bisa kita gunakan untuk kepentingan apapun tergantung bagaimana cara kita mengolahnya sesuai ke kreatifan kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar